Jumat, 04 Mei 2012

Ekonomi Kelembagaan

http://www.scribd.com/doc/92470466/ekonomi-kelembagaanekonomi kelembagaan

Perbedaan Ekonomi Islam, Kapitalis Dan Sosialis

http://www.scribd.com/doc/92469948/Perbedaan-Ekonomi-Islam-dan-Kapitalis-Dan-SosialisPerbedaan Ekonomi Islam dan Kapitalis Dan Sosialis

PANDUAN PENULISAN MAKALAH

http://www.scribd.com/doc/92469731/PANDUAN-PENULISAN-MAKALAHPANDUAN PENULISAN MAKALAH

Keuangan Publik Islam

http://www.scribd.com/doc/92469246/Keuangan-Publik-IslamKeuangan Publik Islam

Pengantar Ekonomi Islam

http://www.scribd.com/doc/92469167/Pengantar-Ekonomi-IslamPengantar Ekonomi Islam

Landasan Aqidah, Moral, Dan Yuridis Dalam Ekonomi Islam

http://www.scribd.com/doc/92469021/Landasan-Aqidah-Moral-Dan-Yuridis-Dalam-an-Ekonomi-Islam-Mutimatul-HasanahLandasan Aqidah, Moral, Dan Yuridis Dalam an Ekonomi Islam (Mutimatul Hasanah)

Jual Beli

http://www.scribd.com/doc/92468940/Jual-BeliJual Beli

Teori Tentang Harta

http://www.scribd.com/doc/92468073/Teori-Tentang-HartaTeori Tentang Harta

Instrumen-Instrumen Dalam Ekonomi Islam

Instrumen-Instrumen Dalam Ekonomi Islam

Prinsip Konsumsi Islam

http://www.scribd.com/doc/92468804/Prinsip-Konsumsi-IslamPrinsip Konsumsi Islam

SILABUS PENGANTAR EKONOMI ISLAM PROGRAM STUDI EKONOMI ISLAM


Program Studi Ekonomi Islam
Universitas Yudharta Pasuruan
Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Sengonagung Purwosari Pasuruan

­SILABUS PENGANTAR EKONOMI ISLAM
PROGRAM STUDI EKONOMI ISLAM

A.    Identitas Perkuliahan
  1. Mata Kuliah                : Pengantar Ekonomi Islam
  2. Kode Mata Kuliah      : MKK 02113
  3. Semester                     : 2 (Dua) Genap
  4. Program Studi             : Ekonomi Islam
  5. Waktu                         : Kamis, 12.30 WIB
  6. Ruangan                      :
  7. Beban Kredit               : 2 SKS
  8. Dosen                          : Muhammad Nizar, SE.Sy
  9. Nomor Kontak            : 081944870202
  10. Email                           : nizaryudharta@gmail.com

B.     Tujuan Perkuliahan
1.      Tujuan Mata Perkuliahan Umum
Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan memahami ruang lingkup dan konsep dasar ekonomi Islam, problematika ekonomi, landasan serta instrumen-instrumen yang ada di dalam pengembangan ekonomi Islam.
2.      Tujuan Mata Perkuliahan Khusus
Mahasiswa mampu memahami dan menguasai tentang konsep dasar ekonomi Islam, Islam dan problematika ekonomi, landasan aqidah, moral dan yuridis dalam pengembangan ekonomi Islam, instrumen-instrumen dalam ekonomi Islam, hak milik dan kepemilikan, jual beli, konsep laba dan riba serta implikasi ekonomisnya, prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam produksi, konsumsi dan distribusi, deskripsi pelaksanaan ekonomi Islam dalam perekonomian dewasa ini, serta perbandingan ekonomi Islam dalam ekonomi kontenporer.

C.    Pokok Bahasan
  1. Pengertian ekonomi Islam.
  2. Islam dan problematika ekonomi.
  3. Landasan aqidah, moral dan yuridis dalam pengembangan ekonomi Islam.
  4. Instrumen-instrumen dalam ekonomi Islam.
  5. Hak milik dan kepemilikan.
  6. Jual beli.
  7. Konsep laba dan riba.
  8. Prinsip produksi Islam.
  9. Prinsip konsumsi Islam.
  10. Prinsip distribusi Islam.
  11. Pelaksanaan ekonomi Islam dalam perekonomian dewasa ini.
  12. Perbandingan ekonomi Islam dalam ekonomi kontenporer.
  13. Deskripsi pelaksanaan ekonomi Islam dalam perekonomian dewasa ini.
  14. Konsep uang dalam ekonomi Islam.
  15. Zakat, infaq dan shadaqah.
  16. Teori tentang harta.
  17. Keuangan publik Islam.

D.    Sumber Bacaan
Mohamad Hidayat, MBA. An Introduction to The Shariah Economic Pengantar Ekonomi Syariah. Jakarta: Zirkul Hakim. 2010.
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) UII. Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2011.
Bunga Rampai Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Jakarta: International Institute of Islamic Thought. 2011.
Muhammad Syafi’i Antonio. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani. 2001.
Fzalur Rahman. Economic Doctrines of Islam. Islamic Publesher Lahore.
Yusuf Qardlawi. Darul Qiyam Wa Fil Iqsody al-Islamy. Kairo: Maktabah Wahbah. 1995.
Mannan, MA. Islamic Economic: Theory and Practice. Mohammad Ashraf and Lahore Sons.
M. Umar Capra. The Economic System of Islam, Karachi: Universitas of Karachi.
Abu Ahmadi. Sistem Ekonomi Islam: Prinsip-Prinsip dan Tujuannya. Surabaya: Bina Ilmu, 1980.
Abul A’la Maududi. Dasar-Dasar Ekonomi Dalam Islam. Bandung: al-Ma’arif.
Muhammad Abdullah al-Arabi. Ekonomi Islam dan Penerapannya di Masa Kini. Sastra Husada.
Muhammad Najatullah Siddiqi. Aspek-Aspek Ekonomi Islam. Ramadhani.

E.     Metode Perkuliahan
Perkuliahan ini akan memaksimalkan pendekatan dan metode berikut:
1          .      Dialog dan tanya jawab.
2          .      Diskusi.
3          .      Penugasan.

F.     Model Penilaian
Perkuliahan ini akan menggunakan model perkuliahan proses dan hasil, dengan kriteria sebagai berikut:
Penilaian Proses
1.      Partisipasi kelas                                                           20%
2.      Kehadiran                                                                   15%
3.      Pelaksanaan tugas dan presentasinya                            35%
Pelaksanaan Hasil
4.      Ujian akhir semester                                                    30%
Total                           100%

CARA MEMPELAJARI FILSAFAT

CARA MEMPELAJARI FILSAFAT

Filsafat adalah buah pikiran filosof. Cara mempelajarinya adalah bagaimana cara memahaminya. Perlu diketahui bahwa isi dari filsafat sangatlah luas yang disebabkan oleh:
1.    Luasnya objek penelitian (objek materia) filsafat, yaitu segala yang ada dan mungkin ada
2.    Filsafat adalah cabang p[engetahuan yang tertua
3.    Pendapat filosof tidak ada yang tidak layak dipelajari, tidak ada filsafat yang ketinggalan zaman.

Ada 3 macam metode mempelajari filsafat:
1.    Metode Sistematis, berarti pelajar menghadapi karya filsafat yaitu mempelajari cabang filsafat, teori hakikat dan  teori nilai atau filsafat nilai.
2.    Metode Historis, mempelajari filsafat dengan cara mengukuti sejarahnya (sejarah pemikiran), yaitu dengan membicarakan tokoh demi tokoh menurut kedudukannya dalam sejarah atau dengan cara membagi babakan sejarah filsafat.
3.    Metode Kritis, digunakan oleh mereka yang mempelajari filsafat tingkat intensif, yaitu digunakan untuk tingkat sekolah pascasarjana dengan memahami isi ajaran, kemudian mengajukan kritiknya.

Ahmad Tafsir. 2004.FILSAFAT UMUM;AKAL DAN HATI SEJAK THALES SAMPAI CAPRA. PT REMAJA ROSDAKARYA:BANDUNG hlm:20